Mengenai Saya

Foto saya
Hidup adalah pilihan dan jadilah kamu orang yg pandai dalam memilih biar g da penyesalan di kemudia hari.....Pegang masa depanmu sendiri.........

Selasa, 26 April 2011

Paradigma konservatif

PARADIGMA PENDIDIKAN KONSERVATIF
By Aji L@r0s

PRAWACANA
Pendidikan politik sering digunakan sebagai alat untuk melegitimasi ataupun melanggengkan sistem dan struktur sosial politik yang ada. Namun sebaliknya pendidikan politik juga dapat memainkan peran yang penting untuk suatu perubahan atau transformasi sosial politik menuju ke sistem yang lebih demokratis dan adil. Dengan demikian posisi peran pendidikan politik sangat bergantung pada paradigma atau pun ideologi pendidikan yang dianut dan mendasari suatu kegiatan pendidikan politik. Untuk mengantarkan bagaimana tulisan Pendidikan Politik untuk Rakyat ini, maka terlebih dahulu dalam tulisan ini diuraikan secara kritis berbagai paradigma pendidikan dan ideologi sosial yang mempengaruhi suatu paradigma pendidikan serta implikasinya terhadap suatu proses, teori dan metode pendidikan politik.
Pendahuluan ini membahas berbagai paradigma, ideologi, teori dan implikasinya terhadap pilihan teknik proses belajar mengajar baik dalam pendidikan maupun pelatihan. Untuk itu pembahasan paradigmatik ini akan difokuskan ke dalam tiga aspek, yakni: (a) Paradigma teori-teori pendidikan, (b) Implikasi paradigma pendidikan terhadap metodologi pendidikan, dan (c) Implikasinya terhadap model pendekatan dan teknik pendidikan. PerIu dibahas terlebih dahulu berbagai aliran pendekatan pendidikan. Pemetaan aliran pendidikan yang dipergunakan di sini adalah mengikuti kategori Giroux and Aronowitz (1985) yang mengategorikan pendekatan pendidikan menjadi tiga aliran yakni pendekatan konservatif, liberal dan kritis serta mengupas bagaimana masing-masing paradigma pendidikan tersebut berimplikasi terhadap sub ­sistem pendidikan lainnya.

PARADIGMA PENDIDIKAN KONSERVATIF
Bagi kaum konservatif, ketidaksederajatan masyarakat merupakan suatu hukum keharusan alami, suatu hal yang mustahil bisa dihindari serta sudah merupakan ketentuan sejarah atau bahkan takdir Tuhan. Perubahan sosial bagi mereka bukanlah sesuatu yang harus diperjuangkan, karena perubahan hanya akan membuat manusia lebih sengsara saja. Dalam bentuknya yang kalsik atau awal paradigma konservatif dibangun berdasarkan keyakinan bahwa masyarakat pada dasarnya tidak bisa merencanakan perubahan atau mempengaruhi perubahan sosial, hanya Tuhanlah yang merencanakan keadaan masyarakat dan hanya dia yang tahu makna di balik itu semua. Dengan pandangan seperti itu, kaum konservatif lama tidak menganggap rakyat memiliki kekuatan atau kekuasaan untuk merubah kondisi mereka.
Namun dalam perjalanan selanjutnya, paradigma koservatif cenderung lebih menyalahkan subjeknya. Bagi kaum konservatif, mereka yang menderita, yakni orang - orang miskin, buta huruf, kaum tertindas dan mereka yang dipenjara, menjadi demikian karena salah mereka sendiri. Karena kan banyak orang lain yang ternyata bisa bekerja keras dan berhasil meraih sesuatu. Banyak orang ke sekolah dan belajar untuk berperilaku baik dan oleh karenanya tidak dipenjara. Kaum miskin haruslah sabar dan belajar untuk menunggu sampai giliran mereka datang, karena pada akhirnya kelak semua orang akan mencapai kebebasan dan kebahagiaan. Kaum konservatif sangat melihat pentingnya harmoni dalam masyarakat dalam mencairkan konflik dan kontradiksi.

Bahsul masail

1.    Apakah berciuman merupakan perbuatan yang dapat mewajibkan mandi? ( I ULA)
Ø  Saudara yang berbahagia,jikalau dilihat dari perkara yang mewajibkan mandi yang enam memang tidak ada.Jadi perbuatan ini tidak mewajibkan mandi. Namun ini tetap merupakan sebuah perbuatan ma’siat jika dilakukan dengan bukan halalnya.Tetapi jikalau perbuatan ini dapat menimbulkan suatu rangsangan yang mana menyebabkan keluarnya mani (setelah dilihat dari ciri-ciri mani), maka hal tersebut dapat mewajibkan mandi. (Kasyifatussaja’ Hal 23 larik ke 18)

2.    Keluarnya sesuatu cairan pekat yang keluar dari penis atau farji apakah merupakan mani? apakah wajib mandi?( IV ULA)
Ø  Saudara penanya yang mulia,menanggapi masalah ini kita lihat dari ciri-ciri keluarnya mani yaitu keluarnya dibarengi dengan rasa nikmat, muncrat,ketika basah berbau adonan roti dan ketika kering berbau putih telur serta mani laki-laki kental dan putih sedang mani wanita warnanya kuning dan berbentuk encer.Dari ulasan diatas apakah ada salah satu ciri tsb? jikalau ada maka wajib mandi.Namun cairan yang keluar ini juga bisa madi atau wadli.Tergantung ciri-ciri dan sebab keluarnya.Jikalau anda ragu,maka boleh menganggap mani lalu mandi,dan boleh menganggap madzi lalu ia mencucinya dan berwudlu. ( Fathul mu’in Hal 9 larik paling  bawah - 10)

3.    Apakah wajib mandi seorang perempuan yang memasukkan suatu benda(misal mentimun,terong dll) kedalam farjinya?( IV ULA)
Ø  Saudara penanya yang saya hormati,memasukkan sesuatu kedalam farji misal terong merupakan perbuatan untuk mencari kepuasan sendiri atau biasa disebut onani untuk orang laki laki dan masturbasi untuk wanita itu tidak mewajibkan mandi,asal tdk keluar mani.Karena hukum asal yang mewajibkan mandi adalah masuknya hasyafah kedalam farji, sedang terong dan sejenisnya tdk tergolong hasyafah.Jadi penyebab wajibnya mandi disini bukan karena memasukan terong, tapi karna sebab keluarnya mani.Berbeda ketika yang masuk adalah hasyafah dari hewan, anak kecil,dzakarnya orang mati(orang matinya tidak wajib dimandikan lagi karena bukan mukallaf),dan penis lepasan, maka itu semua mewajibkan mandi.Dan status antara orang yang di dukhul/mendukhul adalah junub.Sedangkan anak kecil tadi bila ia sudah mumayyiz maka ia wajib mandi serta sah ,dan dia tdk wajib mengulang mandinya ketika ia balig.Namun bila blm mumayyiz maka wajib bagi walinya untuk menyuruh ia mandi.(Kassyifah S hal 22 larik 27)  SEPINTAS TENTANG ONANI DAN HUKUMNYA:  (Ulama Maliki, Syafii, dan Zaidi mengharamkan secara mutlak berdasarkan Q.S Almu’minun ayat 5 - 7  yang artinya “ Dan orang – orang yng menjaga kemaluannya . Kecuali terhadap istri – istri mereka atau budak-budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Maka barang siapa mencari yang dibalik itu ( Zina, Homoseksual, Lesbian, Onani dsb ), mereka itulah orang –orang yang melampaui batas.”Ulama’ Hanafi secara Prinsip mengharamkan onani, tetapi dalam keadaan gawat, yakni orang yang memuncak nafsu sexnya dan khawatir berbuat zina , maka ia boleh, bahkan wajib berbuat onani demi menyelamatkan dirinya dari perbuatan zina yang jauh lebih besar dosa dan bahayanya daripada onani. Hal ini berdasarkan kaidah fiqh:
 “ Wajib menempuh bahaya yang lebih ringan diantara dua bahaya”
Ulama Hanbali mengharamkan onani kecuali kalau takut berbuat zina karena terdorong nafsu sex yang sangat kuat / kuatir terganggu kesehatannya, sedang ia tidak punya istri dan ia tdk mampu kawin maka ia tidak berdosa berbuat onani. Jadi menurut Imam Hanafi dan Hanbali onani hanya diperbolehkan dalam keadaan terpaksa. Sudah barang tentu yang diperbolehkan dalam keadaan terpaksa itu dibatasi seminimal mungkin penggunaanya, dalam hal ini perbuatan onani itu. Hal ini sesuai dg kaidah fiqh:
“ Sesuatu yang diperbolehkan karena dorurot hanya boleh sekedarnya saja”
Qaidah fiqh ini sesuai dg firman Alloh QS.Albaqoroh 173.
“ Barang siapa dalam keadan terpaksa (memakan makanan yang diharamkan), sedang ia tidak menginginkannya dantidak pula melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Alloh Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (Agama menjawab tentang berbagai masalah abad modern Oleh Drs.CHOLIL UMAN)
Peringatan:
Nabi bersabda:”Wahai pemuda-pemuda berang siapa diantara kamu sudah mampu menghidupi keluarga maka lekas menikahlah,dan barang siapa belum mampu,maka perbanyaklah puasa karena itu adalah sebagai benteng (untuk hawa nafsumu).

NB:
1.    Jika ada kritik, usul dan saran serta komplain dari para pembaca dapat menghubungi seksi pendidikan.
2.    Mohon maaf pertanyaan tidak kami masukkan semua karena kami menimbang dan menyeleksi dari semua pertanyaan dan mengambil 3 pertanyaan yang paling bagus dan sesuai.
……….SEKIAN………
         

                                                                                                                                                                                                                                                                                                  

                                                                                                                                                                                                                      
                                                                                                                                                                                                 
      


BAAHTSUL MASAIL KELAS 1,2,3,4 DAN WUSTHO 1
MADIN AL-ANWARI TANGGAL 01 NOVEMBER 09
BERTEMAKAN
 ( SHOLAT FARDHU )

Pertanyaan (season 1)
1.    BAHRUR ROHIM     = 1 ULA
۩ kapan saja kita melakukan tuma’ninah dan berapa lama kita melakukan tuma’ninah tersebut ?
JAWABAN:
    Ya akhi wa ukhti billah, waktu dimana kita harus melakukan tuma’ninah yaitu:
·         Pada saat ruku’
·         I’tidal
·         Sujud
·         Dan diantara dua sujud
Sedangkan batasan paling sedikitnya kita melakukan tuma’ninah yaitu seperti kita mengucapkan lafadz subhanallah (safinatun najah) setelah kuta menyempurnakan satu gerakan rukun.

“ TANBIH”
            Saktatus sholat berbeda dengan tuma’ninah,meskipun keduanya identik dengan pengertian “berhenti sebentar”
Adapun saktatus sholat ada 6:
v   Antara takbirotul ihrom dan do’a iftitah
v   Antara do’a iftitah dan ta’awudz
v   Antara ta’awudz dan al-fatihah
v   Antara al-fatihah dan amin
v   Antara amin dan surat pendek
v   Antara surat pendek dan ruku’

2.    UTHLUB KAROM    = 2 ULA
۩ bagaimana hukumnya apabila kita lupa atau tidak melakukan tuma’ninah.sedangkan tuma’ninah tersebut merupakan salah satu rukunya sholat?
JAWABAN:
    Ya akhi wa ukhti billah, menurut imam fiqih kita yaitu al-imam an-nawawi dan pengarang kitab fathul qorib, tuma’ninah merupakan rukun sholat.jadi apabila kita meninggalkan tuma’ninah ,maka wajib mengganti (menambah) rakaat sholatnya yang tertinggal tuma’ninahnya.(fathul qorib hal 14 larik ke-7 dari atas)

Karya

Kegiatan

Ngopi setiap hari ditemanin dg sebatang rokok